Teknik Optimasi SEO

Teknik Onpage vs Offpage SEO, dan bagaimana cara optimasi sebuah konten?

Search Engine Optimization adalah sebuah seni dan teknik untuk membuat mesin pencari merekomendasikan artikel dan tulisan yang kita buat agar masuk ke dalam hasil pencarian disaat audiens mencari informasi yang mereka butuhkan. Hal ini tentunya dapat menambah jumlah kunjungan website ke halaman bisnis anda. Mempelajari dan memiliki pengetahuan tentang teknik SEO sangat penting, selain untuk meningkatkan pengunjung, mempelajari teknik optimasi SEO juga akan meningkatkan brand awareness.

Agar konten yang anda buat dapat berada di paling atas dari hasil mesin pencarian, membuat banyak konten yang menarik saja tidak cukup agar bisa naik ke peringkat teratas. Anda juga harus sering melakukan optimasi dan evaluasi terhadap konten menarik yang sudah anda buat. Umumnya, ada dua teknik utama dalam mengoptimasi konten yang anda buat agar menjadi teratas di mesin pencari, yaitu teknik SEO On Page dan teknik SEO Off Page.

Teknik Optimasi SEO On Page

Teknik optimasi SEO On Page merupakan sebuah seni atau teknik untuk membuat mesin pencari merekomendasikan artikel dan tulisan yang kita buat dengan menyediakan informasi yang diperlukan oleh mesin pencari tersebut di dalam website usaha kita. Ada beberapa informasi yang dibutuhkan oleh mesin pencari untuk memahami apa isi konten yang kita buat, diantaranya adalah

  • Meta Information (title, description, dan lainnya)

Dalam dunia optimasi mesin pencari, Meta Information merupakan hal pertama yang di index oleh crawl bot. Isilah meta information dengan kata kunci dan deskripsi dari konten yang anda buat.

  • Schema

Tentukan skema konten yang akan kita buat, apakah konten ini adalah sebuah artikel? Informasi? Tips dan trik? Atau lainnya sehingga konten anda akan mudah tersortir kepada audiens yang tepat.

  • Penggunaan Heading, Sub Heading

Heading dan Sub Heading juga berperan cukup besar dalam optimasi on page. Selain dapat memberitahu user mengenai topik dan keterangan dari sebuah artikel, heading dan sub heading dapat memudahkan crawlBOT untuk mengindeks website kita.

  • Penggunaan Alt Text

Saat menambahkan media (gambar/video), jangan lupa memberikan Alt Text yang berisi tentang deskripsi gambar atau keyword yang kita sasar. Hal ini mampu menaikkan rank konten kita agar berada di paling atas hasil mesin pencarian.

Dan masih banyak beberapa hal pendukung lainnya.

Hal Pendukung Pengoptimalan Website

Selain menyediakan informasi tersebut, sebaiknya website usaha kita juga dioptimalkan dengan memperhatikan hal hal berikut:

  • Mobile First Indexing (responsive)

Karena saat ini banyak pengguna yang menggunakan smartphone untuk mengakses mesin pencari, maka website kita juga harus mendukung tampilan untuk smartphone, agar user dapat dengan mudah membaca isi konten kita.

  • Kecepatan website optimal

Menunggu merupakan hal yang paling membosankan. Terlebih jika kita sedang membutuhkan informasi, maka kecepatan website anda haruslah optimal agar user atau audiens tidak pergi karena loading yang terlalu lama. Gunakanlah plugin/extension secukupnya, jangan terlalu banyak yaa karena dapat memperlambat kecepatan website kita.

  • Website dibangun atau dibuat dengan mengutamakan prinsip website yang SEO Friendly

Terapkanlah prinsip SEO Friendly pada website anda. Pakailah tema yang mendukung SEO dan carilah tema yang ringan, tapi dengan fitur yang canggih untuk membantu kita dalam membuar sebuah website yang ramah mesin pencari. Hal ini sangat berpengaruh dalam pengoptimalan laman web.

Optimasi Off Page

Selain mengoptimasi pada sisi On Page, kita juga dapat mengoptimasi secara Off Page. Optimasi Off Page merupakan sebuah teknik untuk membuat mesin pencari merekomendasikan artikel yang kita buat dengan menyediakan informasi yang diperlukan oleh mesin pencari diluar dari website kita. Untuk optimasi off page, kita dapat menggunakan rumus EAT yaitu Expertise, Authority, Trustworthy.

EAT menjadi sinyal yang sangat penting agar bot crawl milik mesin pencari dapat mencari jawaban dan artikel yang relevan atas pertanyaan yang diajukan user.

Namun ketika kita melakukan optimasi off page, sangat disarankan untuk memberikan atau menanamkan link website kita ke media/website yang relevan, terpercaya, dan memiliki traffic yang besar. Jangan asal dalam menyebarkan link kita ya, nanti bisa dianggap spam.

Selain dengan mengoptimasi, kita juga dapat memaksimalkan konten SEO yang kita buat. Berikut adalah tips yang sudah kami rangkum.

  1. Pahami query, bukan hanya keyword yang disasar.

Query merupakan barisan kata dalam kotak pencarian yang diketikkan user, yang mengandung kata kunci (keyword) yang kita sasar sebagai pemicu agar mesin pencari dapat memanggil informasi yang dibutuhkan oleh user. Jika keyword yang kita tuju adalah: jasa google ads Bekasi, maka kita harus memikirkan query yang sekiranya akan diketik oleh user, contohnya jasa google ads Bekasi terbaik.

  1. Setelah memahami query, berikutnya yang harus diperiksa adalah apakah konten yang kita buat sudah memiliki informasi yang cukup sesuai dengan query yang diketik? Sebagai contoh:
  • Adakah kata kunci di Meta Information website kita?
  • Apakah keyword terdapat di judul? Sub judul? Atau bullets and numbering?
  • Apakah isi artikel kita dapat memenuhi jawaban atas pertanyaan user?
  • Apakah terdapat media pendukung seperti gambar atau video yang mengandung informasi?
  1. Jika keduanya sudah dilakukan, saatnya kita mempromosikan dan menyebarkan artikel kita. Teknik ini disebut dengan promoting. Promoting dilakukan ketika kita sudah yakin dan selesai membuat konten dengan optimasi on page yang maksimal. Namun pertimbangkan cara mempromosikannya, dengan cara:
  • Promosikan di social media milik kita, dan team yang ada di perusahaan anda
  • Mempromosikan di forum yang membahas topik terkait dengan artikel yang kita buat
  • Membuat artikel yang menyebabkan pembaca nya sukarela untuk menyebarkan ke orang lain, atau informatif.
  1. Yang terakhir, lakukanlah evaluasi. Setelah beberapa hari, periksalah average session, traffic count, interactions, dan reach dari artikel kita. Jika kurang, lakukanlah optimasi dan update content secara berkala dan lakukan tips memaksimalkan konten SEO.

Nah itulah beberapa tips dan trik pengoptimalan sebuah konten SEO. Mengelola dan membuat sebuah konten dengan teknik menulis SEO memang tidak mudah. Namun, jika dilatih secara konsisten dan dengan tips yang telah kami sajikan, Anda akan mendapatkan hasilnya. Berada di peringkat atas mesin pencarian bukanlah hal yang tidak mungkin. Anda bisa konsultasi dengan team kami untuk teknik lebih lanjut agar usaha anda berada dihalaman pertama pencarian Google. 

Sampai Jumpa di Halaman 1. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *