Blog

Lowongan Kerja : Design Grafis dan Video Animasi*

Hai Kamu yang mempunyai jiwa seni dan kreatif, setinggi langit. dan jago atau mau belajar pakai tools design dan animasi. Kita lagi butuh Orang Design dan Animasi yang lucu, unik dan Sholeh. kalau kamu cocok bermain-main sama kita sambil bekerja boleh gabung nongkrong bareng kita. pasti dibayar dan benefitnya melimpah. 

Tanggung Jawab :

Namanya hidup harus ada tanggung jawab apalagi kerjaan yaa? nih beberapa mainan kamu, kalau kamu jadi gabung bersama kita. 

  • Ngerjain Design kebutuhan material design perusahaan dan klien. biasanya cuma ngerjain technicalnya aja.  konsep dan strategynya sudah ada headnya. seperti “logo, brosur, edit foto, buat vektor, template dan lain-lain banyak lah pokoknya. tetapi, ngerjainnya satu-satu
  • Komunikasi dengan team marketing, manajemen serta Suka sama deadline dan hasilnya oke maksimal

Pengalaman :

Yang 1-2 tahun pengalaman di design boleh, kalau freshgraduate juga boleh. kalau yang gak ada Izajah juga boleh tapi, portofolio dan sikapnya bagus. #mantaph

Keahlian :

  • Jago Contoh, Amati, Tiru Modifikasi design yang dibuat orang. terserah mau pakai tools apa. boleh Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Ilustrator kalau pakai aplikasi paint bisa boleh 🙂
  •  Kalau bisa kamera, edit video dan buat video animasi jadi nilai tambah. kalau gak bisa yang penting mau Googling, Belajar Cepat dan harus bisa dalam 1 Bulan. 
  • Update Ilmu dan Trend Perdesainan mengetahui 

Kualifikasi :

  • Baligh dan Muslim Yaa (gak boleh kalau masih anak-anak)
  • Ada portofolio design dan video. kalau belum ada buat aja dulu baru kirim. 
  • Cepat Belajar dan Pinter Komunikasi
  • Kalau bisa tinggal di daerah Bekasi. Biar gak tua dijalan, kalau bisa yaa..

Insentif dan Bonus :

  • Gaji Pokok 
  • Jabatan Naik Setiap 3 Bulan*
  • BPJS Kesehatan Pribadi 
  • Gak Harus Ngantor, Boleh Kerja Dirumah atau di mana terserah 
  • Bonus, Kalau lagi bagus
  • Belajar Digital Marketing Mahir
  • Bisa Jadi Trainer di Terainteractive*

kirim lamaran CV dan Portofolio ke :
hai@terainteractive.com
cc : terainteractive@gmail.com

Uncategorized
Teknik Optimasi SEO

Search Engine Optimization adalah sebuah seni dan teknik untuk membuat mesin pencari merekomendasikan artikel dan tulisan yang kita buat agar masuk ke dalam hasil pencarian disaat audiens mencari informasi yang mereka butuhkan. Hal ini tentunya dapat menambah jumlah kunjungan website ke halaman bisnis anda. Mempelajari dan memiliki pengetahuan tentang teknik SEO sangat penting, selain untuk meningkatkan pengunjung, mempelajari teknik optimasi SEO juga akan meningkatkan brand awareness.

Agar konten yang anda buat dapat berada di paling atas dari hasil mesin pencarian, membuat banyak konten yang menarik saja tidak cukup agar bisa naik ke peringkat teratas. Anda juga harus sering melakukan optimasi dan evaluasi terhadap konten menarik yang sudah anda buat. Umumnya, ada dua teknik utama dalam mengoptimasi konten yang anda buat agar menjadi teratas di mesin pencari, yaitu teknik SEO On Page dan teknik SEO Off Page.

Teknik Optimasi SEO On Page

Teknik optimasi SEO On Page merupakan sebuah seni atau teknik untuk membuat mesin pencari merekomendasikan artikel dan tulisan yang kita buat dengan menyediakan informasi yang diperlukan oleh mesin pencari tersebut di dalam website usaha kita. Ada beberapa informasi yang dibutuhkan oleh mesin pencari untuk memahami apa isi konten yang kita buat, diantaranya adalah

  • Meta Information (title, description, dan lainnya)

Dalam dunia optimasi mesin pencari, Meta Information merupakan hal pertama yang di index oleh crawl bot. Isilah meta information dengan kata kunci dan deskripsi dari konten yang anda buat.

  • Schema

Tentukan skema konten yang akan kita buat, apakah konten ini adalah sebuah artikel? Informasi? Tips dan trik? Atau lainnya sehingga konten anda akan mudah tersortir kepada audiens yang tepat.

  • Penggunaan Heading, Sub Heading

Heading dan Sub Heading juga berperan cukup besar dalam optimasi on page. Selain dapat memberitahu user mengenai topik dan keterangan dari sebuah artikel, heading dan sub heading dapat memudahkan crawlBOT untuk mengindeks website kita.

  • Penggunaan Alt Text

Saat menambahkan media (gambar/video), jangan lupa memberikan Alt Text yang berisi tentang deskripsi gambar atau keyword yang kita sasar. Hal ini mampu menaikkan rank konten kita agar berada di paling atas hasil mesin pencarian.

Dan masih banyak beberapa hal pendukung lainnya.

Hal Pendukung Pengoptimalan Website

Selain menyediakan informasi tersebut, sebaiknya website usaha kita juga dioptimalkan dengan memperhatikan hal hal berikut:

  • Mobile First Indexing (responsive)

Karena saat ini banyak pengguna yang menggunakan smartphone untuk mengakses mesin pencari, maka website kita juga harus mendukung tampilan untuk smartphone, agar user dapat dengan mudah membaca isi konten kita.

  • Kecepatan website optimal

Menunggu merupakan hal yang paling membosankan. Terlebih jika kita sedang membutuhkan informasi, maka kecepatan website anda haruslah optimal agar user atau audiens tidak pergi karena loading yang terlalu lama. Gunakanlah plugin/extension secukupnya, jangan terlalu banyak yaa karena dapat memperlambat kecepatan website kita.

  • Website dibangun atau dibuat dengan mengutamakan prinsip website yang SEO Friendly

Terapkanlah prinsip SEO Friendly pada website anda. Pakailah tema yang mendukung SEO dan carilah tema yang ringan, tapi dengan fitur yang canggih untuk membantu kita dalam membuar sebuah website yang ramah mesin pencari. Hal ini sangat berpengaruh dalam pengoptimalan laman web.

Optimasi Off Page

Selain mengoptimasi pada sisi On Page, kita juga dapat mengoptimasi secara Off Page. Optimasi Off Page merupakan sebuah teknik untuk membuat mesin pencari merekomendasikan artikel yang kita buat dengan menyediakan informasi yang diperlukan oleh mesin pencari diluar dari website kita. Untuk optimasi off page, kita dapat menggunakan rumus EAT yaitu Expertise, Authority, Trustworthy.

EAT menjadi sinyal yang sangat penting agar bot crawl milik mesin pencari dapat mencari jawaban dan artikel yang relevan atas pertanyaan yang diajukan user.

Namun ketika kita melakukan optimasi off page, sangat disarankan untuk memberikan atau menanamkan link website kita ke media/website yang relevan, terpercaya, dan memiliki traffic yang besar. Jangan asal dalam menyebarkan link kita ya, nanti bisa dianggap spam.

Selain dengan mengoptimasi, kita juga dapat memaksimalkan konten SEO yang kita buat. Berikut adalah tips yang sudah kami rangkum.

  1. Pahami query, bukan hanya keyword yang disasar.

Query merupakan barisan kata dalam kotak pencarian yang diketikkan user, yang mengandung kata kunci (keyword) yang kita sasar sebagai pemicu agar mesin pencari dapat memanggil informasi yang dibutuhkan oleh user. Jika keyword yang kita tuju adalah: jasa google ads Bekasi, maka kita harus memikirkan query yang sekiranya akan diketik oleh user, contohnya jasa google ads Bekasi terbaik.

  1. Setelah memahami query, berikutnya yang harus diperiksa adalah apakah konten yang kita buat sudah memiliki informasi yang cukup sesuai dengan query yang diketik? Sebagai contoh:
  • Adakah kata kunci di Meta Information website kita?
  • Apakah keyword terdapat di judul? Sub judul? Atau bullets and numbering?
  • Apakah isi artikel kita dapat memenuhi jawaban atas pertanyaan user?
  • Apakah terdapat media pendukung seperti gambar atau video yang mengandung informasi?
  1. Jika keduanya sudah dilakukan, saatnya kita mempromosikan dan menyebarkan artikel kita. Teknik ini disebut dengan promoting. Promoting dilakukan ketika kita sudah yakin dan selesai membuat konten dengan optimasi on page yang maksimal. Namun pertimbangkan cara mempromosikannya, dengan cara:
  • Promosikan di social media milik kita, dan team yang ada di perusahaan anda
  • Mempromosikan di forum yang membahas topik terkait dengan artikel yang kita buat
  • Membuat artikel yang menyebabkan pembaca nya sukarela untuk menyebarkan ke orang lain, atau informatif.
  1. Yang terakhir, lakukanlah evaluasi. Setelah beberapa hari, periksalah average session, traffic count, interactions, dan reach dari artikel kita. Jika kurang, lakukanlah optimasi dan update content secara berkala dan lakukan tips memaksimalkan konten SEO.

Nah itulah beberapa tips dan trik pengoptimalan sebuah konten SEO. Mengelola dan membuat sebuah konten dengan teknik menulis SEO memang tidak mudah. Namun, jika dilatih secara konsisten dan dengan tips yang telah kami sajikan, Anda akan mendapatkan hasilnya. Berada di peringkat atas mesin pencarian bukanlah hal yang tidak mungkin. Anda bisa konsultasi dengan team kami untuk teknik lebih lanjut agar usaha anda berada dihalaman pertama pencarian Google. 

Sampai Jumpa di Halaman 1. 

Uncategorized
Optimasi Google Ads

Di era modern seperti sekarang ini, informasi merupakan salah satu aspek yang berharga. Kecepatan dan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan juga sudah semakin mudah dengan adanya sebuah mesin pencari populer yaitu google. Dan salah satu topik informasi yang paling sering dicari oleh perusahaan dan UKM adalah cara mengoptimasi google ads.

Optimasi Google Ads adalah sebuah strategi pemasaran yang memanfaatkan media iklan dan disediakan oleh Google sebagai sarana untuk menempatkan iklan yang kita buat agar produk atau bisnis kita dapat menghasilkan dan mudah dijangkau oleh audiens yang tepat.

Mengiklankan produk atau jasa melalui Google Ads memberikan dampak yang sangat besar bagi pebisnis, UMKM, maupun perusahaan dikarenakan peluang iklan yang kita buat dapat dilihat juga cukup tinggi. Tapi sebelum kita membahas mengenai teknik penting optimasi google ads, kita harus mengetahui dulu mengapa pebisnis atau perusahaan ingin beriklan di google Ads.

Pebisnis yang memutuskan untuk mengiklankan produk di Google Ads memiliki tujuan yang ingin dicapai seperti datangnya customer (lead), ingin mengenalkan produk baru mereka, meningkatkan penjualan, dan lainnya. namun tanpa optimalisasi, biaya yang dikeluarkan akan menjadi besar sehingga keuntungannya keciln atau justru merugi. Nah berikut ini kami berikan 5 teknik penting optimalisasi google ads.

1. Cek istilah penelusuran

Istilah penelusuran merupakan fitur laporan hasil kata kunci yang diketikkan audiens sehingga membuat iklan yang kita buat muncul di laman hasil pencarian google. Sering melakukan pengecekan istilah penelusuran (Search Terms) pada Google Ads bertujuan untuk melihat kinerja iklan yang kita buat berdasarkan keyword yang diketikkan oleh audiens. Salah satu teknik penting optimasi google ads ini memiliki manfaat agar kita dapat mengidentifikasi kata kunci baru yang relevan, menambahkannya menjadi keyword baru, atau melarang sebuah kata atau kalimat agar menghindari pengeluaran karena iklan anda di klik oleh audiens yang tidak tertarik.

Optimasi Google Ads - Search Term
Contoh Optimasi Google Ads via Search Term

Lalu, apa perbedaan antara istilah penelusuran dengan kata kunci? Istilah pencarian merupakan laporan hasil pencarian audiens saat menelusuri Google, sedangkan kata kunci (keyword) adalah kata yang dibuat oleh pengiklan (kita) agar iklan kita tertarget kepada audiens yang sedang mencari kata kunci yang kita buat.

2. Menambah keyword baru

Jika sebelumnya anda sudah membuat beberapa kata kunci baru, menambahkan beberapa keyword baru yang relevan dengan keyword sebelumnya juga merupakan teknik optimasi google ads yang kami rekomendasikan. Anda bisa memanfaatkan Istilah Penelusuran jika anda tidak memiliki ide keyword baru, namun harus diperhatikan juga ya keyword tersebut relevan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. 

Optimasi Google Ads - menambah keyword baru
Contoh Optimasi Google Ads (Menambah Keyword Baru)

Jika anda ternyata memiliki produk baru yang juga ingin diiklankan, maka anda bisa menambahkan adgroup baru beserta keyword yang relevan. Hindari menambah keyword di satu tempat karena campaign anda akan menjadi sulit dikelola dan berantakan. Manfaatkanlah fitur adgroup agar keyword anda menjadi mudah dikelola.

3. Mengembangkan Keyword dan Type

Setelah menambahkan kata kunci, anda dapat mengembangkan kata kunci yang sudah ditambahkan sebelumnya, anda dapat menambah kata kunci tersebut menjadi beberapa tipe (Frasa, Luas, atau Persis) sesuai dengan strategi iklan yang anda gunakan. Teknik optimasi ini bertujuan agar produk anda dapat lebih mudah dijangkau oleh audiens dikarenakan anda menyajikan kata kunci dan tipe yang variatif.

Optimasi Google Ads - merubah tipe keyword
Contoh Optimasi Google Ads dengan Mengembangkan Keyword

4. Ad Testing (Text and Landing Page)

Selain menambah dan memodifikasi kata kunci, kita juga harus melakukan cek optimasi pada iklan yang kita buat, google ads menyediakan fitur tersebut pada menu Tools and Settings > Ad Preview and Diagnosis.

Optimasi Google Ads - ad testing
Melakukan Tes Iklan Sebagai Optimasi Google Ads

Didalam Ad Preview and Diagnosis, kita dapat melakukan cek kata kunci yang sudah kita buat beserta dengan lokasi virtual untuk melihat apakah kata kunci kita tampil di lokasi yang kita inginkan. Jika tidak tampil, biasanya google akan memberikan beberapa saran, mulai dari melakukan cek terhadap Quality Score, Bid, dan Lokasi Iklan yang kita tuju. Kita dapat melakukan optimasi pada keyword sesuai dengan saran google. Harap perhatikan untuk melakukan optimasi ke beberapa keyword juga, dan di beberapa lokasi agar kita dapat melakukan optimasi google ads kepada keyword yang tidak tampil di preview.

5. Budget and Bid Modification

Teknik optimasi google ads lainnya yang dapat anda terapkan adalah dengan memodifikasi bid dan budget tiap campaign. Anda dapat menaikkan dan menurunkan bid hingga dirasa pas. Tetapi jangan menurunkan bid terlalu rendah yaa, nanti Google akan memberitahu kalau bid kita berada dibawah CPC.

Melakukan Edit Bid Berkala Sebagai Optimasi Google Ads

Beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk mencari berapa bid yang pas dan sesuai adalah:

  • Lihatlah Kompetitor, jika anda berada dibawah dari competitor, naikkan sedikit bid anda. Atau jika dari awal anda berada di paling atas, turunkan sedikit bid anda agar mengurangi CPC
  • Pasanglah bid/harga sesuai dengan kemampuan anda. Hal ini bertujuan agar biaya iklan anda tidak cepat habis dan dapat terfokus pada keyword mana yang menghasilkan.
  • Lakukan evaluasi dan atur ulang Bid untuk keyword potensial.
  • Lihat laporan data: Average Position, Top & First Bid Estimated, Avg. CPC agar lebih mudah dalam menentukan bid yang sesuai.
  • Aturlah budget harian terhadap campaign dan ad group. Naikkan budget harian pada keyword yang potensial dan kurangi budget harian pada keyword yang kurang menghasilkan.

Nah itulah beberapa teknik optimasi google ads terbaik agar bisnis anda berhasil berada di paling atas mesin pencarian dan dapat bersaing dengan competitor usaha anda. Mengelola dan mengoptimasi iklan kita di google ads memang memerlukan strategi dan teknik optimasi khusus. Namun, jika terus dilatih secara konsisten dan dengan teknik yang telah kami rekomendasikan, Anda akan mendapatkan hasilnya. Berada di peringkat atas mesin pencarian bukanlah hal yang tidak mungkin. Anda bisa konsultasi dengan team kami untuk teknik lebih lanjut agar usaha anda berada dihalaman pertama pencarian Google. Sampai Jumpa di Halaman 1!

Uncategorized
Teknik Menulis Artikel SEO Agar Cepat di Peringkat No.1

Ada banyak cara dalam membuat konten agar Google dapat membaca Halaman Blog berada di Halaman 1, salah satu cara terpopuler adalah dengan cara menulis. Menulis sebuah artikel dengan isi konten yang berkualitas merupakan salah satu teknik menulis artikel SEO yang kami rekomendasikan. Namun apakah yang dimaksud dengan SEO? yang pasti anda sudah tau semuanya, tapi disini kami mencoba menjelaskan kembali. 

SEO merupakan sebuah strategi mengoptimalkan halaman web kita agar dikenali oleh mesin pencari. SEO. Dengan strategi ini, memungkinkan halaman web kita untuk berada di paling atas (direkomendasikan) oleh mesin pencari. Berikut ini kami berikan teknik dan kiat menulis artikel SEO agar tulisan anda dapat dijangkau oleh audiens yang tepat.

TEKNIK MENULIS ARTIKEL SEO

1. Keyword pada paragraf pertama

Pastikan kata kunci yang anda buat berada pada paragraf awal di artikel yang anda buat, dikarenakan mesin pencari hanya menampilkan maksimal 160 karakter/huruf pertama di hasil pencarian yang diketikkan audiens. Jadi disini teknik tulisan dan SEO content Anda diuji untuk menempatkan keyword pada paragraf pertama tetapi, masih soft pada tulisan untuk enak dibaca.

2. Keyword pada headline

Menempatkan keyword atau kata kunci di dalam artikel merupakan salah satu teknik menulis artikel SEO yang kami sarankan. Dikarenakan dapat mempengaruhi mesin pencari disaat sedang crawling halaman web kita. Selain itu, penempatan keyword pada headline dapat memudahkan para audiens untuk memahami maksud dari artikel anda. Gunakanlah tag H1 – H6 sesuai dengan kebutuhan. pada halaman tulisan wordpress disana bisa menentukan H1-H6. ada yang mengatakan bahwa keyword di H2. tetapi, untuk hal ini Anda bisa saja memasukkan Keyword pada Headline yang lain. 

3. Memberikan Link Pada Keyword

Memberikan link pada keyword sasaran anda juga salah satu teknik yang kami rekomendasikan, dikarenakan warna dari keyword yang diberikan link akan berbeda dan bisa menarik perhatian audiens. Selain itu, juga dapat memberikan kemudahan pada audiens untuk men cek halaman lainnya ketika link tersebut di klik. link bisa diarahkan pada halaman blog, halaman page atau halaman home. contohnya anda bisa lihat di sebelum kalimat ini ada kata home yang diarahkan ke halaman terainteractive

4. Terdapat 2 – 3 Gambar Relevan

Masukkan Gambar yang relevan yang mendukung artikel pada web Anda. agar pembaca tidak bosan terus melihat dalam bentuk text. jangan lupa juga gambar yang dimasukkan sudah di “rename” sesuai dengan keyword atau hubungannya. 

coba lihat pada tulisan ini, masih point 4 kami sudah memasukkan 2 gambar yang relevan sesuai dengan tulisan ini.

Ada beberapa tips yang kami sarankan jika anda memutuskan untuk menambahkan gambar dalam artikel SEO yang anda buat.

  • Usahakan ukuran gambar tidak lebih dari 200 kb. Dikarenakan semakin besar gambar, maka akan semakin lama loading website anda.
  • Jika ukuran gambar cukup besar, anda dapat memanfaatkan situs online untuk mengurangi ukuran gambar. Seperti compressjpeg dan tinyJPG.
  • Jika anda memutuskan untuk membuat atau mendesain gambar anda sendiri, di aplikasi editor silahkan pilih menu “Save for web” yang bertujuan agar aplikasi dapat mengoptimasi gambar yang anda desain.

5. Keyword pada gambar

Sebelum mengupload gambar pada artikel SEO yang anda buat, sisipkan kata kunci pada gambar yang akan di upload, contohnya pada judul gambar, description, dan Alt text. Ini penting dalam menulis artikel SEO dikarenakan dapat mendorong artikel anda menjadi teratas di mesin pencari. dan ini berguna juga untuk bagi pembaca tuna netra karena mereka dapat membaca alt text nya. pada wordpress ada fitur yang sangat mudah memasukkan alt text pada gambar 

6. Keyword pada category dan tag

Sebelum memutuskan untuk mempublish artikel yang anda buat, tambahkan tag dan category nya dengan keyword yang anda tuju atau tema dari artikel yang anda buat terlebih dahulu. Teknik ini juga berada di list teknik menulis artikel SEO dikarenakan dapat membuat artikel anda terstruktur dengan baik dan juga mengokohkan posisi laman web anda di halaman teratas mesin pencarian.

7. Link Internal ke Post dan Halaman lain

Agar laman anda muncul di pencarian, memberikan link internal pada artikel atau halaman lain yang anda buat merupakan teknik menulis artikel SEO yang juga penting. Mengapa demikian? Dikarenakan dapat meningkatkan traffic halaman atau artikel lain yang ada di laman web anda, yang akan berpengaruh terhadap mesin pencari. Sebaiknya, link internal ini juga diarahkan ke Category dan juga Tag agar terstruktur. yang ini kami rasa mudah bagi Anda yaa?

8. Link External ke Website Yang Relevan

Selain melakukan hyperlink ke halaman dan artikel lain di website kita, memberikan link ke luar website kita juga merupakan teknik menulis artikel SEO, namun yang harus diperhatikan adalah link situs tujuan juga relevan terhadap isi konten yang anda buat. Contohnya saja jika anda membahas artikel mengenai pembuatan website terbaik dan terpercaya, anda bisa mengunjungi link msh.web.id sebagai rujukan. lihat link pembuatan website di kata sebelumnya itu mengarahkan pada msh.web.id 

9. 700-900 kata

Mengenai jumlah kata pada artikel yang kita buat, 700 sampai dengan 900 kata merupakan jumlah kata yang optimal dan sangat kuat untuk sebuah konten yang akan dijadikan sebagai artikel SEO Friendly. Konten yang tidak terlalu singkat dan tidak terlalu panjang sudah cukup untuk membuat sebuah artikel SEO yang berkualitas. coba hitung sendiri jumlah kata pada tulisan ini yaa., 

10. Lakukan Perubahan pada Konten Secara berkala

Biar konten kita selalu fresh. Anda bisa melakukan perubahan sedikit demi sedikit secara berkala. bisa dengan menambahkan gambar dengan merubah beberapa kata, menambah button dan perubahan -perubahan lain pada artikel yang ditulis. mungkin pada saat anda melihat tulisan ini. kami sudah melakukan lebih dari 10 kali perbaharuan kata-kata dan isi pada tulisan ini. 

Setelah anda menulis dan mengikuti tips diatas. janga lupa untuk melakukan indexing pada search console Google. agar Google cepat mengcrawl tulisan yang kita buat.

Nah itulah beberapa teknik menulis artikel SEO agar laman web anda tetap kokoh berada di paling atas mesin pencarian. Mengelola dan membuat sebuah konten dengan teknik menulis SEO memang tidak mudah. Namun, jika dilatih secara konsisten dan dengan tips yang telah kami sajikan, Anda akan mendapatkan hasilnya. Berada di peringkat atas mesin pencarian bukanlah hal yang tidak mungkin. Anda bisa konsultasi dengan team kami untuk teknik lebih lanjut agar usaha anda berada dihalaman pertama pencarian Google. 

Sampai Jumpa di Halaman 1. 

Artikel, SEO   , , , , , ,

Tingginya penggunaan internet saat ini membuat banyak hal dilakukan secara digital, termasuk pemasaran sebuah produk. Salah satu  jenis digital marketing yang cukup penting dan menjadi tren saat ini adalah content marketing.

Apa Itu Content Marketing?

Content marketing adalah teknik atau strategi pemasaran yang difokuskan pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berkualitas, relevan, dan bermanfaat bagi konsumen sehingga menghasilkan tindakan yang mendatangkan profit pada bisnis Anda. Teknik ini terbukti lebih menarik bagi konsumen daripada hard selling.

Manfaat Content Marketing untuk Bisnis

Content marketing merupakan strategi pemasaran yang jauh lebih efektif daripada cara konvensional. Dengan biaya 62% lebih hemat, content marketing mampu mendatangkan jumlah leads (orang yang menunjukkan minat untuk membeli) 3 kali lebih banyak.

Selain efektif, content marketing juga memberikan banyak manfaat bagi bisnis Anda, yaitu:

Teknik Melejitkan Omzet dengan Content Marketing

Content marketing tentu sangat berbeda dengan pemasaran konvensional. Agar content marketing mampu mendongkrak omzet yang artinya juga meningkatkan profit, lakukan 7 teknik berikut ini.

1. Menetapkan Tujuan Setiap Konten

Menetapkan tujuan sangat penting karena akan menentukan hal-hal yang akan dimasukkan dalam konten. Ada tiga tujuan utama pembuatan konten, yaitu mendatangkan pengunjung website, meningkatkan kepercayaan terhadap produk, dan meningkatkan penjualan.

Hindari menggabungkan ketiga tujuan tersebut dalam satu konten. Buatlah konten terpisah sehingga isinya bervariasi dan audiens juga tidak akan merasa bosan membacanya.

2. Menentukan Target Pasar

Tentukan target pasar yang tepat agar produk Anda lebih mudah diterima. Jika target pasar sudah tepat, buatlah konten yang relevan dan menarik pengunjung website sehingga akhirnya mereka memutuskan membeli produk Anda.

3. Memetakan Topik Konten

Memetakan topik konten bertujuan agar pembahasan di dalam website Anda tetap terarah. Pemetaan konten juga berguna untuk mempermudah Anda melakukan optimasi SEO pada kata kunci tertentu, baik kata kunci utama maupun turunan. 

Setelah memetakan topik, atur komposisi jumlah konten berdasarkan isinya. Konten yang berisi pengenalan produk harus dibuat paling banyak, disusul konten branding, barulah konten penjualan.

4. Menentukan Jenis Konten

Selain isi, cara penyajian konten pun harus dibuat semenarik mungkin sehingga memengaruhi konsumen. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa jenis konten berikut ini.

5. Memanfaatkan Content Management System

Untuk mempermudah pekerjaan, manfaatkan  aplikasi Content Management System (CMS) untuk mendukung pembuatan dan modifikasi konten digital. Aplikasi ini memiliki fitur pembuatan, penulisan, dan analisis konten.

Anda juga bisa memanfaatkan jasa digital assistant seperti terainteractive.com untuk membantu membuat, mengelola, dan mengiklankan bisnis Anda. Selain jasa pengelolaan digital marketing, Anda juga bisa mendapatkan pelatihan dari tim expert yang sudah berpengalaman.

6. Mendistribusikan Konten

Agar bisa sampai kepada audiens yang tepat, Anda harus mendistribusikan konten yang sudah dibuat dengan cara membagikannya melalui media sosial atau email list building.

7. Melakukan Evaluasi Konten

Jika konten yang Anda buat sudah cukup banyak, lakukan evaluasi dengan cara me-review dan menganalisis pengaruh konten terhadap peningkatan brand awareness, pengunjung website, dan penjualan. Jika perlu, pasanglah Google Analytics untuk mengukur performa website dan konten Anda.

Mengelola content marketing memang tidak mudah. Namun, jika dilakukan secara konsisten dan dengan teknik yang tepat, Anda akan merasakan hasilnya. Omzet perusahaan yang meningkat drastis bukanlah hal yang tidak mungkin.

Artikel, Meningkatkan Omzet   , , ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *