Teknik Optimasi Google My Business Terbaru/Update

Selama ini ketika menjalankan search marketing, SEO menjadi primadona utama. Padahal selain SEO, ada salah satu fitur yang ternyata memiliki pengaruh dalam menyumbangkan transaksi bisnis. Apakah fitur tersebut? sebut saja  Google my business atau Google Bisnisku.

Diciptakannya Google my business ini ditujukan untuk siapa saja yang memiliki bisnis atau usaha dan ingin meningkatkan jumlah pelanggan. Dan yang lebih menariknya lagi Google my business bisa digunakan secara gratis atau tanpa dipungut biaya.

Agar bisnis yang anda jalankan bisa berjalan dengan maksimal, tentunya Google my business bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Tetapi sebelumnya kita harus mengetahui bagaimana teknik optimasi Google my business terbaru/ update. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Teknik Optimasi Google My Business

Teknik Optimasi Google My Business
Memaksimalkan Optimasi Google My Business

1. Nama Bisnis Mengandung Keyword

Teknik Optimasi Google My Business menggunakan keyword
Optimasi Nama Bisnis yang mengandung keyword

Perlu dipahami jika cara kerja Google my business dan mesin pencarian hampir sama. Dimana Google akan mencari profil bisnis Anda dan menampilkannya kepada pengguna dengan menjadikan nama bisnis sebagai indikator utama.  Dilanjutkan dengan indikator ulasan, rating dan sebagainya.

Akan tetapi, banyak orang mencari informasi melalui Google belum mengetahui nama brand. Biasanya akan mencari berdasarkan kategori produk yang dicari. Maka dari itu, sangat kami sarankan untuk memberikan nama bisnis yang mengandung keyword disusul dengan nama brand anda. 

2. Lokasi Yang Akurat

Teknik Optimasi Google My Business Menggunakan alamat detail
Teknik Optimasi Google My Business Menggunakan Alamat Yang Akurat

Agar bisnis Anda mudah ditemukan di mesin pencarian Google, selanjutnya perlu mencantumkan lokasi yang akurat. Hal ini dikarenakan Google sendiri akan menentukan mana profil bisnis yang harus ditampilkan berdasarkan dengan akses lokasi maupun dengan kata kunci dari pengguna.

Lokasi tersebut juga akan digunakan untuk menentukan apabila ada seseorang mencari rekomendasi tempat, meski tidak berada di lokasi tersebut. Jadi pastikan anda menulis lokasi dengan akurat.

3. Mendapatkan Ulasan

Ulasan dari pengguna sebagai salah satu teknik optimasi Google My Business
Ulasan dari pengguna sebagai salah satu teknik optimasi Google My Business

Ulasan menjadi salah satu hal penting dalam teknik optimasi Google my business. Sehingga sebisa mungkin harus mengajak pelanggan untuk memberikan ulasan tentang produk yang anda tawarkan di Google my business. Ulasan biasanya berisi tentang seberapa puas pelanggan dengan produk atau jasa yang Anda jual.

Setelah nama bisnis yang mengandung keyword dan lokasi, Google masih akan menyeleksi profil bisnis mana yang akan dimunculkan. biasanya berdasarkan performa suatu bisnis yang ditentukan dengan adanya ulasan maupun rating. Jadi, ulasan dari pengguna bisa menjadi salah satu perhatian utama dalam Google my business.

4. Mencantumkan Nama Website

Ada kasus dimana nama bisnis tidak mengandung keyword dan memiliki ulasan sedikit tetapi malah direkomendasikan. Setelah ditelusuri ternyata karena adanya website pada laman Google my business pengguna. Jadi, bisa dipastikan selain ketiga teknik optimasi di atas, keberadaan situs website juga sangat penting untuk dimasukkan ke Google My Business.

Nah bagi Anda yang belum memiliki website di profil bisnis maka bisa meminta bantuan jasa pembuatan website. Kali ini sangat direkomendasikan untuk menggunakan jasa dari Tera Interactive dijamin hasilnya sangat memuaskan dan membantu kesuksesan bisnis yang dijalankan.

5. Memanfaatkan Google Post

Meskipun aplikasi dari Google my business bisa digunakan dengan gratis, ternyata juga dilengkapi dengan fitur Google post  untuk posting konten. Konten tersebut bisa berupa artikel maupun foto dari produk atau jasa yang ditawarkan. Dan yang paling penting isinya harus menjelaskan produk dan jasa tersebut.

Keberadaan fitur ini juga akan membuat profil menjadi lebih menarik. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai mini blog untuk menjelaskan tentang produk dan keunggulan dari bisnis Anda. Sehingga secara otomatis membuat bisnis Anda mudah diketahui oleh banyak orang.

6. Memudahkan Pelanggan

Setelah kelima teknik optimasi Google my business di atas selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah dengan melengkapi semua informasi dan memanfaatkan fitur-fitur lain yang disediakan. Tujuannya untuk mempermudah pelanggan menghubungi Anda.

Bisa dikatakan hal ini sangat penting untuk memastikan setiap orang yang melihat profil bisnis Anda bisa langsung menjadi pelanggan. Fitur-fitur tersebut seperti nomor telepon, petunjuk arah, serta pilihan untuk SMS.

7. Melakukan Pembaharuan Secara Berkala

Apabila terdapat kekeliruan saat memasukan data maka bisa dilakukan pembaharuan yang bertujuan agar informasi yang ditampilkan lebih valid. Dengan cara yang sangat mudah yaitu dengan login di akun Google my business dan selanjutnya masuk pada dashboard klasik. Setelah itu lanjut ke pengecekan notifikasi.

Setelah mengganti informasi yang salah, maka pembaharuan yang dilakukan akan disampaikan melalui email. Banyak pemberitahuan mengenai Google my business yang dikirim melalui email. Sangat disarankan untuk mengecek kotak masuk email anda secara rutin.

Nah itulah teknik optimasi Google my business terbaru / update yang bisa langsung diterapkan. Diharapkan informasi di atas akan membantu bisnis yang Anda jalankan menjadi lebih dikenal banyak orang. Apabila ingin mendapatkan informasi lebih tentang hal ini maka bisa meminta bantuan ke Tera Interactive.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *